«

»

Jun
23

Resep Botok Teri

Hari sabtu kemarin nyobain bikin botok. Eh, ternyata dapet acungan jempol dari suami xixixi.. senengnyaaa…. dan menurutku sih enak juga (ga kalah jauh dari bikinannya ibuku, dulunya sering bantuin bikin). Rencananya sih mau bikin botok ‘mlanding/pete cina’. tapi karena udah nyari2 mlanding di pasar ga nemu, akhir nya diputuskan di ganti sama ‘ikan teri’. Dan buat warnanya biar keliatan seger, aku kasih daun bawang yang diiris2 (Ijo) sama Irisan Tomat(merah/orange).

botok teri

ini nih resep komplitnya, (siapa tau tertarik nyobain) :

Bumbu :
- 7 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih
- 7 butir cabe rawit, atau sesuai selera
- garam, gula merah secukupnya sesuai selera

- tempe bosok/tempe sangit (tempe yang disimpen selama 2-4 hari) secukupnya

Bahan :
- 1 buah Kelapa(jangan terlalu tua/muda, bilang mau buat bikin ‘botok’, biasanya tukang jual klapa udah tau. minta dipilihin aja) diparut
- Mlanding (bisa diganti teri) secukupnya
- 1 buah tomat, diiris agak tipis, tapi jangan tll tipis nanti hancur.
- daun bawang (boleh pakai boleh tidak)
- Daun pisang untuk membungkus.

Cara membuat :
- Uleg Semua bumbu
- campurkan dengan bahan (nyampurnya pake tangan aja biar lebih sedap :p )
- jilat, pastikan rasanya udah enak
- bungkus. kalo aku bungkusnya agak kecil2. semuanya jadi 12 bungkus.
- Kukus kurang lebih 30 menit

mateng deh… siap disantap dengan sayur bayam, sama peyek kacang, juga tempe goreng.. jangan lunyaaaaaaammmm… pasti ngabisan nasi deh ;-)

selamat mencoba ibu2….

(Jakarta, 23 Juni 2010)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>